5 Pemicu Jerawat Di Dagu Dan Cara Mengatasinya
Img Src: Pinterest.com

5 Pemicu Jerawat Di Dagu Dan Cara Mengatasinya

5 Pemicu Jerawat Di Dagu Dan Cara Mengatasinya

 

Jerawat di tempat wajah mana saja, terhitung dagu, memang lumayan mengusik. Selainnya kurangi keyakinan diri, munculnya jerawat memunculkan rasa ngilu yang tidak nyaman. Lalu, apa yang mengakibatkan keadaan ini dan bagaimanakah cara hilangkan jerawat ini?

5 Pemicu Jerawat Di Dagu Dan Cara Mengatasinya
Img Src: Pinterest.com

1. Pemicu jerawat di dagu

Pada intinya, pemicu jerawat di dagu serupa dengan jerawat di tempat yang lain, yakni bakteri, hormon, dan beberapa rutinitas kurang sehat.

1. Permasalahan hormon

Munculnya jerawat terjadi karena pori-pori kulit yang mampet oleh sel-sel kulit mati, tersisa minyak (sebum), dan beragam jenis kotoran yang mengundang bakteri. Bakteri itu selanjutnya mengontaminasi kulit dan mengakibatkan infeksi, sampai muncul jerawat.

Bila disaksikan dari terletak, jerawat di dagu ada karena kandungan hormon yang tidak imbang. Wilayah sekitaran dagu, yakni garis rahang juga rawan alami hal sama.

Produksi hormon androgen di wanita bisa bertambah waktu masuk mas pubertas. Diluar itu, wanita yang merasakan polycystic ovary syndrome (PCOS) dapat juga merasakan tidak seimbangnya hormon, maka memiliki potensi menyebabkan jerawat di dagu.

Jerawat di wilayah ini condong terjadi pada wanita dan remaja karena peralihan hormon pada periode pubertas dan haid. Keadaan ini muncul karena wanita berkadar hormon androgen semakin tinggi, seperti wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Androgen adalah hormon yang berperanan dalam menggairahkan sebum atau minyak. Bila kandungan androgen tinggi, jerawat di dagu dan wilayah sekelilingnya juga ada.

2. Konsumsi Makanan Berminyak

Yang menimbulkan jerawat di dagu yang pertama merupakan kerap mengkonsumsi makanan berminyak. Satu orang yang berlebih mengkonsumsi makanan berminyak seperti gorengan bisa membikin kelenjar minyak menghasilkan makin banyak minyak yang menimbulkan pembengkakan.

3. Tak Melindungi Kebersihan Wajah

Satu diantara hal yang menimbulkan jerawat di dagu yang sangat umum merupakan tak melindungi kebersihan wajah. Sewaktu kebersihan wajah tak dijaga dengan bagus, jadi pori-pori bisa terhalang serta tersisa kotoran-kotoran yang melekat di wajah. Perihal ini pula yang kerapkali menyebabkan tibanya jerawat di sisi dagu.

4. Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Tradisi memangkas jenggot yang kerap dikerjakan pria dapat juga menyebabkan rambut tumbuh ke kulit. Situasi ini dapat menyebabkan pembengkakan serta tumbuh jerawat di dagu. Maka perihal ini kerapkali mengusik pekerjaan tiap hari sebab menyebabkan rasa ngilu.

5. Pemicu jerawat yang lain

Selainnya permasalahan hormonal, ada faktor-faktor yang lain yang mengakibatkan dagu Anda berjerawat. Berita baiknya, umumnya permasalahan jerawat ini bisa diobati dengan beberapa peralihan rutinitas yang lebih sehat.

Sebagai contoh, salah memakai produk perawatan kulit dapat memunculkan jerawat di dagu Anda. Untuk yang mempunyai kulit berminyak kemungkinan telah memahami jika tipe kulit Anda lebih rawan pada jerawat. Oleh karenanya, pilih skin care dan kosmetik sama sesuai tipe kulit juga penting diingat.

Selainnya pemakaian kosmetik, membersihkan wajah sering dapat mengakibatkan jerawat. Masalahnya wajah yang sering dicuci bisa menghancurkan perlindungan kulit dan biarkan bakteri dan iritan yang lain mengakibatkan infeksi.

Pada waktu itu, kulit Anda kemungkinan coba menangani kekeringan dengan menghasilkan semakin banyak minyak. Mengakibatkan, jerawat di wajah, terhitung dagu, makin bertambah.

Banyak hal yang dapat memacu munculnya jerawat ialah:

depresi,
rutinitas tidur yang jelek, seperti kekurangan tidur, dan
skema makan kurang sehat.

5 Pemicu Jerawat Di Dagu Dan Cara Mengatasinya
Img Src: Pinterest.com

3. Langkah hilangkan jerawat di dagu

Sama dengan penyembuhan jerawat di wilayah yang lain, jerawat di dagu juga memakai perawatan yang serupa supaya bintil merah ini lenyap. Apa sajakah?

Pemakaian obat jerawat

Pemakaian obat jerawat, baik dari dokter atau tanpa resep dokter, menjadi satu diantara langkah yang paling efisien untuk hilangkan jerawat di dagu. Biasanya, obat jerawat memiliki kandungan beberapa bahan berikut ini, berikut di bawah ini.

Retinoid, obat turunan vitamin A yang menolong menahan penyumbatan folikel.
Benzoil peroksida, obat yang cukup efisien menangani jerawat, terhitung jerawat bernanah.
Asam salisilat untuk bersihkan pori supaya tidak mampet, biasa dipakai untuk komedo putih dan komedo hitam.
Antibiotik bekerja dengan mematikan bakteri dan kurangi kemerahan di kulit.
Asam azelaic, asam alami dari protein hewani dan gandum untuk menantang bakteri pemicu jerawat.
Pil KB dengan perintah dari dokter supaya tidak membuat jerawat makin kronis.
Sulfur bisa menolong kurangi infeksi jerawat.

Walau beberapa obat bisa diperoleh tanpa resep dokter, pada kasus yang lebih kronis obat dengan jumlah tinggi membutuhkan resep dokter. Ini mempunyai tujuan supaya keadaan jerawat tidak makin kronis.

Teratur membersihkan muka

Tahukah Anda jika membersihkan muka seharusnya dilaksanakan optimal 2x satu hari, yaitu pagi dan malam hari? Rutinitas sehat ini mempunyai tujuan untuk menolong mengusung kotoran yang melekat di kulit wajah.

Upayakan untuk memakai sabun pembersih muka yang halus dan dengan bahan enteng supaya tidak ada iritasi di kulit yang berjerawat.

Umumnya, produk pencuci muka khusus jerawat memiliki kandungan asam salisilat, alpha hydroxy acid (AHA), atau benzoil peroksida. Di saat membersihkan muka, pastika tidak menggosok terlampau keras pada tempat dagu yang berjerawat.

Kompres jerawat dengan es

Selainnya obat jerawat, rupanya Anda bisa juga memakai es untuk kurangi infeksi dan kemerahan di kulit yang berjerawat, khususnya di dagu.

Coba untuk mengompres jerawat di dagu dengan es yang dibuntel kain bersih tiap malam dengan teratur. Seterusnya, lekatkan kain berisi es itu pada wilayah yang berjerawat dan biarkan sampai semenit.

Jika Anda sangsi, tanya ke dokter, apa sistem ini pas untuk tipe jerawat yang dirasakan.

Tidak menekan jerawat

Menekan jerawat, khususnya dengan tangan yang kotor adalah rutinitas jelek yang penting Anda jauhi. Masalahnya rutinitas ini bisa membuat bakteri yang berada di tangan mengontaminasi jerawat dan mengakibatkan keadaan kulit makin kronis.

Upayakan meredam kemauan untuk menekan jerawat walau bintik putih di kulit yang memiliki masalah itu sudah ada. Bukannya menekan, Anda bisa memakai patch khusus untuk menarik sisi putih pada jerawat untuk menahan iritasi.

Jika beberapa penyembuhan di atas tidak membuat keadaan makin lebih baik, kontrol keadaan Anda ke dokter specialist kulit atau pakar dermatologi. Dengan demikian, mereka akan menolong Anda pilih perawatan jerawat di dagu yang akurat.

Panduan mencegah jerawat di dagu

Anda kemungkinan tidak bisa mencegah jerawat di dagu karena permasalahan hormonal. Tetapi, factor pemicu yang lain bisa dijauhi supaya penyakit kulit ini tidak ada di dagu Anda dengan berikut ini.

Awasi makanan penyebab jerawat, seperti makanan berminyak dan kaya gula.
Urus depresi yang bisa memacu kesetidakimbangan hormon.
Jauhi sentuh wajah dengan tangan yang kotor.
Turunkan pancaran cahaya matahari dan pakai tirai surya untuk kulit wajah.
Membersihkan make-up saat sebelum tidur.
Ketahui tipe kulit wajah supaya tahu produk apa yang pas untuk Anda.
Memperbanyak makan sayur dan buah dan turuti skema makan yang lebih sehat.

Jika ada pertanyaan selanjutnya, silahkan tanyakan sama dokter specialist kulit untuk memperoleh pengatasan yang akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.